Rabu, 28 September 2011

mahluk mitologi diseluruh dunia part 1

Undine


Undine adalah peri air dalam Mitologi Eropa (sekarang jerman dan sekitarnya), Biasanya ditemukan di danau, atau sungai yang masih jernih. Memiliki suara yang indah yang sering terdengar bersamaan dengan suara air. Menurut cerita, Undine tak bisa memiliki jiwa sebelum menikari seorang pria manusia, karena aspek inilah Undine sering dijadikan tema untuk karya tragedi dan romance. Dalam game Undine muncul di game Tales of Eternia.


Dullahan


Dullahan adalah jenis roh jahat. Biasanya terlihat mengendarai kuda hitam akal dan membawa kepalanya di bawah satu lengan. Mata yang besar sementara mulutnya terus tersenyum sampai menyentuh kedua sisi kepala. Kepalanya dikatakan memilik warna seperti keju yang berjamur. Cambuk Dullahan berasal dari tulang punggung mayat. Dullahan berhenti di tempat seseorang akan mati. Saat orang yang sekarat itu dipanggil namanya, saat itu juga orang itu mati.


Salamander


Salamander adalah mahkluk legenda dalam Mitologi Eropa dan merupakan peri api. Berbentuk seperti kadal raksasa dan dikatakan terlahir dari api. Konon bagi yang meminum darah salamander, maka dia akan memiliki kekebalan terhadap api.


Vivien


Vivien berasal dari Mitologi Inggris yang berarti Gadis Danau (Lake Lady). Tinggal di kedalaman air dimana dia menggunakan manteranya untuk melindungi danau sucinya. Vivien adalah seorang penyihir yang suka mengajarkan sihirnya kepada orang lain, namun akan menghukum mereka bila menyalahgunakan sihirnya. Vivien muncul sebagai wanita cantik berpakaian serba putih. Jika dipanggil, Vivien akan menari di permukaan air guna mengumpulkan kekuatan sihirnya yang berasal dari danau. Vivien merupakan penjaga pedang legendaris Excalibur yang kemudian diwariskan pada Raja Arthur lalu dikembalikan lagi padanya. Vivien akan menghancurkan semua orang yang berniat mencari kekuatan dari Excalibur.


Lard


Lard berasal dari Mitologi Italia. Namanya berarti Lord (Penguasa). Lard berasal dari para prajurit, ksatria, raja, dan pangeran yang gugur terhormat saat bertarung untuk kehormatan ataupun negara mereka. Lard digambarkan memakai baju besi perang dan menggenggam pedang di tangan mereka. Sifatnya kasar namun memiliki hati yang baik hati. Lard akan muncul untuk memberikan berkat dan melindungi mereka yang membutuhkan pertolongan. Lard melambangkan keberanian dan kepahlawanan.


The Havmand


Havmand adalah duyung pria dalam cerita skotlandia. Bagian atas adalah pemuda tampan berambut panjang berwarna hitam atau hijau sedangkan bagian bawahnya ikan. Namanya berarti Man of The Spring. Juga ada mahkluk lain bernama Havfrue yang berambut pirang dan merupakan saudara dari Havmand. Tergantung situasi, Havmand dapat bersikap kejam ataupun ramah. Memiliki kekuatan untuk meprediksikan kejadian-kejadian penting.


Aulanerk


Peri laut dari Mitologi Inuit di Amerika Utara. Aulanerk adalah peri baik hati yang senang membantu para pelaut dengan memberikan air yang tenang dan angin yang kencang untuk berlayar. Berbentuk seperti manusia. Ombak dikatakan tercipta dari tindakan mereka yang suka berenang dan bermain di bawah laut.


Anubis


Anubis dalam kepercayaan Mesir Kuno dianggap sebagai dewa kematian dengan wujud kepala anjing dan badan manusia. Anubis adalah nama Mesir untuk dewa berkepala anjing yang berhubungan dengan mumi dan kehidupan setelah kematian pada mitologi Mesir. Pada bahasa MesirKuno, Anubis dikenal sebagai Inpu, (dibaca Anupu, Ienpw, dll.). Penemuan yang tertua menyebut Anubis pada teks piramid kerajaan tertua, di sana ia dihubungan dengan kekerasan seorang raja pada saat itu.


Jormungand


Ular raksasa yang merupakan anak tengah dari pasangan Loki dan Angrboda sekaligus saudara Fenrir dan Hel. Di mitologi disebutkan kalau Odin membuang 3 anak Loki, dan Jormungand dibuang ke laut Midgard atau dunia manusia. Dari situlah dia mendapat julukan Midgardsormr yang berarti ular raksasa yang melilit Midgard. Merupakan musuh utama Thor, dan diceritakan di Ragnarok mereka akan saling bunuh. Saat Ragnarok terjadi, Jormungand keluar dari laut dan mengakibatkan banjir besar.


Suzaku


Vermilion Bird yang merupakan salah satu Simbol Empat dari Cina constellations. Menurut Wu xing, yang Tao sistem lima kekuatan , ia mewakili api-elemen, arah selatan, dan musim panas . Sehingga kadang-kadang disebut Vermilion Bird of South dan juga dikenal sebagai Suzaku di Jepang dan di Korea Jujak. Hal ini sering keliru untuk Fenghuang karena kesamaan dalam rupa, tapi dua makhluk yang berbeda. The Fenghuang adalah raja burung, sementara Vermilion Bird adalah makhluk mitologi roh dari Cina constellations.


Genbu


The Black Tortoise adalah salah satu dari Empat Simbol dari Cina constellations. Kata untuk "tortoise" adalah tabu, dan seluruh badan tidak hanya kura-kura itu sendiri, tetapi kedua kura-kura dan ular. kadang disebut Black Warrior dari Utara, dan dikenal sebagai Genbu di Jepang dan di Korea Hyeonmu. It melambangkan utara dan musim dingin Walaupun namanya di Cina, Xuánwǔ, sering diterjemahkan sebagai Black Tortoise dalam bahasa Inggris, biasanya digambarkan sebagai baik kura-kura dan ular, khususnya dengan ular disekitar kura-kura.


Seiryuu


The Azure Dragon merupakan salah satu dari 4 simbol constellations. kadang disebut Azure Dragon of the East dan dikenal sebagai Seiryuu di jepang and Cheongryong di korea. Seiryuu melambangkan arah timur dan musim semi.

Byakko


The White Tiger merupakan salah satu dari 4 simbol Chinese constellations. kadang di sebut White Tiger of the West , dan di kenal sebagai Byakko di jepang and Baekho di korea. byakko melambangkan arah barat dan musing gugur.


Huang Long


Huang Long digambarkan tidak bertanduk (naga-naga Cina semuanya bertanduk, inget Liong barongsai? bertanduk semua kan?) dan muncul dari Sungai Luo. Huang Long memberikan kepada Kaisar Fu Xi pengetahuan bahasa tulis. Menurut legenda, waktu muncul di hadapan kaisar, Huang Long turun dari langit, melewati lubang di angkasa yang diciptakan monster bernama Kung Kung (jelas bukan kung-kung berarti kakek). Elemen Huang Long adalah tanah. Digambarkan pula saat Huang Long bangun adalah siang, Huang Long tidur maka saat itu malam. Juga napas Huang Long mengendalikan cuaca dan musim.


Kappa


Kappa adalah makhluk legendaris, sejenis makhluk air yang dapat ditemukan pada cerita rakyat Jepang. Namun, mereka juga dianggap sebagai bagian dari kriptozologi, karena beberapa orang mengaku melihat Kappa. Pada agama Shintō, mereka dianggap sebagai salah satu suijin ("dewa air")


Chimaera


Dibiakkan oleh Typhoeus dan Echidna, Chimaera mempunyai 3 kepala, yaitu singa, kambing dan ular. Badannya juga merupakan campuran dengan badan bagian depan singa, tengah kambing, dan ular untuk ekornya. Dia mengeluarkan napas api. Dia mempora-porandakan Lycia, membunuh sapi dan membakarnya sampai ia dibunuh oleh Bellerophon.


Echidna


Echidna adalah mahluk dari mitologi yunani, sering digambarkan sebagai perempuan setengah ular yang tinggal di dalam gua. Bersama suaminya Typhon, Echidna melahirkan berbagai jenis mahluk mengerikan yang muncul dalam mitologi yunani, karena itu Echidna mendapat sebutan Mother of all Monsters. Echidna dan Typhon pernah berperang melawan dewa-dewa olympus namun kalah. Typhon kemudian disegel dibawah gunung Etna. Sementara Echidna dan anak2nya dibiarkan lepas untuk menjadi tantangan bagi para pahlawan yunani berikutnya. Namun pada akhirnya Echidnya dibunuh oleh Argus Panoptes, titan bermata seratus.


Naga / Nagini


Umumnya orang indonesia mengenal yang disebut Naga adalah Dragon. Namun Naga sendiri sebenarnya adalah mahluk mitologis yang berbeda dengan Dragon. Naga muncul pada kebudayaan Hindu dan Budha, kemungkinan berasal dari daerah India dan sekitarnya. Naga adalah mahluk setengah ular, setengah manusia, terkadang digambarkan sebagai ular raksasa. Yang laki-laki disebut Naga, sedangkan versi perempuannya disebut Nagini. Naga sering dianggap sebagai entitas yang bersifat jahat, namun tidak jarang juga dianggap sebagai penjaga sungai atau danau.


Pegasus


Pegasus adalah seekor kuda yang memiliki sayap putih lebar.Dalam mitologi yunani disebutkan bahwa pegasus lahir dari darah medusa saat Perseus memenggal kepalanya. Disebutkan juga bahwa Pegasus ditunggangi oleh Bellerophon untuk melawan Chimera. Pegasus adalah kuda yang mempunyai sayap dan penerbang yang unggul. Pegasus adalah hasil dari hubungan Medusa dan Poseidon yang menyakitkan. Lahir dari Medusa ketika kepalanya dipotong oleh Perseus. Dijinakkan ole Bellerophon dan melayaninya digunungnya selama petualangannya termasuk ketika Bellerophon membunuh Chimaera. Ketika Bellerophon ingin menerbangkan Pegasus ke gunung Olympus, dia dihempaskan oleh Zeus. Tetapi Pegasus tetap terbang dan berhasil tiba di gunung Olympus. Disinilah Pegasus menghabiskan hari-harinya dengan membawakan petir untuk Zeus.


hecatoncheires


Hecantoncheires berarti “seratus tangan”. Mereka besar sekali, mempunyai 50 kepala dan seratus tangan yang mempunyai kekuatan hebat. Ada 3 makhluk ini yaitu : Briareus yang juga dipanggil Aegaeon, Cottus, dan Gyges yang juga dipanggil Gyes. Mereka lahir dari Gaia dan Uranus. Karena hubungan mereka yang buruk dengan Uranus, maka mereka dipaksa Uranus untuk kembali lagi kedalam rahim Gaia.

Hal ini menyebabkan pemberontakan Gaia terhadap Uranus. Ketika Cronus mempunyai kekuatan ia memenjarakan mereka di Tartarus. Mereka dibebaskan oleh Zeus dan bertarung bersama Zeus melawan Titans. Mereka bisa melemparkan batu-batu yang sangat besar 100 kali lebih banyak daripada lawannya. Salah satu dari mereka Briareus menjadi penjaga Zeus.

1 komentar:

  • FUJIKO SHOP says:
    30 Oktober 2011 pukul 20.51

    keren follow me ya mas bro
    www.fujikoshop.blogspot.com
    atau www.fujikoshops.com

Posting Komentar