Minggu, 25 September 2011

mahluk lain dalam mitologi nordik

Ymir


Raksasa pertama. Para frost giant menyebutnya Aurgelmir. Ymir merupakan mahluk pertama yang
tercipta di alam semesta. Ymir adalah ayah dari ras frost giant. Para frost giant lahir dari keringat yang berasal dari ketiak Ymir.Pertama-tama, Ymir menjadi ayah dari seorang raksasa yang tidak dikenal yang punya enam kepala yang diberi makan oleh sapi raksasa, Audumla. Audumla menemukan makanan dengan menghisap bebatuan. Batu ini kemudian menjadi berbentuk seperti manusia, kemudian menjadi dewa pertama, Buri. Buri menjadi ayah dari dewa utama lainnya, Bor. Bor dan Bestla kemudian menjadi orang tua dari 3 dewa, Odin, Vili dan Ve. Odin dan kedua saudaranya, kemudian membunuh Ymir. Mereka menggunakan tubuh Ymir untuk menciptakan dunia. Tulangnya digunakan untuk menciptakan langit dan alisnya digunakan untuk menciptakan Midgard atau Middle Earth, rumah bagi umat manusia. Ymir juga menjadi ayah dari Thrudgelmir dan kakek dari Bergelmer.


Embla: wanita pertama


Embla ("Elm") adalah wanita pertama diciptakan dari sebuah Elm (oleh Odin, Vili dan Ve), setelah mereka membunuh raksasa Ymir .


Fenrir


Dalam mitologi Nordik, Fenrir adalah seekor serigala raksasa. Fenrir diceritakan dalam Puisi Edda, kumpulan puisi yang dikumpulkan pada abad ke-13 dari sumber-sumber tradisional, dan Prosa Edda serta Heimskringla, yang ditulis pada abad ke-13 oleh Snorri Sturluson. Dalam Puisi Edda maupun Prosa Edda, Fenrir merupakan ayah dari serigalas Sköll dan Hati Hróðvitnisson. Fenrir adalah anak dari Loki, dan diramalkan akan membunuh dewa Odin dalam Ragnarök, tetapi Fenrir akan mati dibunuh oleh putra Odin, Vídarr.

Dalam Prosa Edda, ada informasi tambahan mengenai Fenrir, salah satunya adalah mengenai tindakan para dewa yang berusaha mengikat Fenrir, yang tumbuh dengan cepat, supaya hewan tersebut tidak menimbulkan bencana. Dalam usahanya mengikat Fenrir, dewa Týr kehilangan tangan kanannya akibat gigitan sang serigala.


Jörmungandr


Jörmungandr adalah ular raksasa dalam legenda bangsa Viking. Jörmungandr adalah sea serpent putra Loki, saudara angkat dari Thor, dewa petir Viking pembawa palu legendaris, Mjolnir. Jörmungandr sering mengganggu keamanan laut dengan menyerang kapal2. Jörmungandr satu jenis dengan Leviathan. Pada akhirnya, Jörmungandr dikalahkan oleh Thor.


Thor


Thor (Thunderer) adalah dewa Guntur dan Badai. Dia adalah salah satu dewa terkuat, kemarahannya seperti api yang menyala-nyala namun dicintai oleh para dewa, disegani oleh para raksasa dan disembah oleh manusia. Ia adalah anak dari Odin dan Jord [dalam versi lainnya disebutkan anak dari Odin dan Frigg]. Memiliki dua orang istri: Jarnsaxa [Ironstone] yang memberinya putra : Modi dan Magni. Dan istri lainnya, Sif [Golden-Haired] yang memberinya dua orang putri: Lora dan Thrud.
Thor tinggal di Thrudheim, di rumahnya, Bilskirnir [Lightning/Petir]. Thor tidak memiliki kuda, sebaliknya, ia memiliki kereta yang ditarik oleh dua kambing besar, Tanngniost dan Tanngrisnir. Roda keretanya berbunyi seperti guntur yang bergemuruh jika ia lewat.
Thor memiliki palu yang legendaris yang bernama Mjollnir. Palu ini selalu tepat sasaran dan tidak pernah meleset, walaupun demikian, ia juga sering digunakan sebagai simbol kesuburan dalam perkawinan, dan kebangkitan dalam acara penguburan. Selain Mjollnir, Thor memiliki sarung tangan besi dan ikat pinggang yang bernama Megingjardir, yang akan melipatgandakan kekuatannya jika dipakai. Thor adalah dewa yang membunuh Jormungand dalam Ragnarok.


Njord


Njord sebelumnya adalah Vanir, a god of fertility, yang kemudian pindah ke Asgard. Ia bersama kedua anak kembarnya, Frey dan Freya adalah tanda perdamaian yang dikirim ke Asgard ketika perang antara Venir dan Aesir usai. Dewa Laut [Sea God] dan dewa bagi para pelaut [God of Seafarers]. Ia tinggal di Noatun, sebuah kapal besar, tapi kemudian ditinggalkannya di pantai ketika pindah ke Asgard. Suami dari raksasa Skade. Dalam versi lainnya disebutkan istri pertamanya adalah adiknya, Nerthus yang melahirkan kedua kembar. Namun, ketika datang ke Asgard ia harus meninggalkan istrinya karena di Asgard, para Aesir tidak menyetujui atau melarang perkawinan antara kakak beradik.


Heimdall


Heimdall adalah penjaga para dewa, juga yang menjaga Bilrost, jembatan yang menghubungkan Asgard (tempat para dewa) dengan Midgard (Bumi Tengah). Heimdall secara misterius lahir Odin dengan sembilan orang ibu. Ia digambarkan tinggi, tampan dan punya senyum yang menawan. Kadang-kadang ia dipanggil Dewa Cahaya atau Dewa Putih. Ketika berkelana di dunia dengan nama Rig, ia memiliki tiga orang putra yang nantinya akan menjadi nenek moyang dari tiga kelas manusia. Heimdall memiliki trompet yang bernama Gjallarhorn, yang suaranya bisa didengar di semua penjuru sembilan dunia, dipakai ketika pertempuran Ragnarok. Ia memiliki pedang yang disebut Hofund, tinggal di sebuah benteng, Himinbjorg [Cliffs of Heaven]. Heimdall memiliki kemampuan melihat sangat jauh dan tajam, bahkan dikatakan ia memiliki ‘second sight’ kemampuan untuk melihat masa depan. Seperti Loki, ia juga bisa berubah bentuk. Merupakan musuh bebuyutan Loki, dan saling bertempur dalam Ragnarok.


Frigg


Frigg [Frigga, Frija] adalah Istri Odin, ratu para dewa di Asgard. Ia sendiri biasa disebut sebagai Mother Earth. Frigg sering diasosiasikan dengan cinta, perkawinan dan pengasuhan. Ia biasanya digambarkan sangat cantik. Rumahnya diberi nama Fensalir. Perannya yang terbesar adalah dalam mitos Balder, putra kesayangannya, ia melakukan segala cara untuk melindunginya dari kematian. Dalam beberapa versi lain disebutkan juga bahwa ia adalah ibu dari Thor dan Hodur, seorang dewa buta. Frigg dan Freya digambarkan sebagai dua dewi yang memiliki banyak kesamaan, karena Frigg juga paham ilmu sihir, ramalan dan senang perhiasan.


Idunn


Idunn adalah dewi berambut emas yang menjaga apel awet muda [apples of youth], merupakan salah satu dewi yang penting bagi para dewa, sebab tampanya mereka menjadi tua dan lemah. Originalnya, dia merupakan dewa Varnir untuk kesuburan, keabadian dan kematian, yang kemudian datang ke Asgard. Idunn adalah istri dari Bragi, dewa puisi dan sastra. Ceritanya yang terkenal adalah ketika Idunn diculik oleh raksasa Thjazzi dalam bentuk elang raksasa yang membuat gusar para dewa di Asgard, karena mereka mulai menjadi tua dan lemah tanpanya.

0 komentar:

Posting Komentar