Rabu, 28 September 2011

Kamus Mitologi part 1

1. Centaur


Manusia berbadan kuda. Ras paling pintar, tapi sering digambarkan kasar,
brutal, pemakan daging, tukang minum, dan menyukai daging manusia.

2. Chimera


Mahkluk jadi-jadian berkepala singa, bertubuh kambing, berekor naga/ular.

3. Harpy


Burung yang berkepala manusia, saudara Iris, dan suka memangsa bayi manusia.

4. Minotaur


Monster berbadan kerbau kiriman dari dewa laut Poseidon. Kata Minotaur
sendiri berasal dr kata Minos'Bull. Setiap tahun 7 orang lelaki dan 7 orang
perempuan harus dikorbankan buat persembahan Minotour. Monster ini
dikurung di labirin supaya tidak bisa keluar.
Akhir cerita, Minotour dibunuh oleh seorang pemuda bernama Theseus.
Theseus sendiri berhasil keluar dari labirin berkat segulung tali dari
kekasihnya, Adriane.

5. Medusa


Wanita berambut ular, salah satu dr "THE GORGONS", anak2nya Phorcys. Yaitu Stheno, Medusa, dan Euryale. Tapi cuma Medusa yang dapat dibunuh, dua saudaranya tidak bisa dibunuh.

Medusa ini aslinya seorang maiden yang cakep. Cuma suatu hari dia diperkosa oleh Poseidon di kuil Athena maka Athena menghukum dia supaya setiap orang yang ngeliat dia jadi batu. Wajahnya pun diubah jadi mengerikan.

Akhirnya dia dibunuh sama Athena and Hermes. Kepalanya dipotong dan dijadikan shield [namanya aegis] Athena.

6. Kotak (/Toples) Pandora


Kotak yang dibuka oleh seorang wanita gara2 penasaran, setelah sebelumnya diwanti2 oleh dewa tidak boleh dibuka. Alhasil, dari dalam kotak ini, muncul kesengsaraan, kesedihan ke dalam dunia.


7. Cerberus


Anjing kepala tiga penjaga pintu gerbang neraka.

8. Hercules


Anak Dewa Zeus + Alcmene, yang nyawanya diincar Hera.
Karena suatu tipu muslihat atau mungkin 'kegilaan'nya Hercules pernah membunuh istri dan anak-anaknya sendiri. Dia dikasih 12 tugas sama Apollo untuk mengembalikan harga dirinya:

1. Bunuh Lion of Nemea
2. Bunuh Hydra [monster berkepala 9]
3. Tangkap Ceryneian Hind.
4. Bunuh Boar of Erymanthus
5. Membersihkan kandang kuda Auegas yang tidak pernah bisa bersih
6. Bunuh Birds of Stymphalis.
7. Tangkap Bull of Crete
8. Tangkap Man-Eating Mares of Diomedes.
9. Bertemu Ratu Amazon Hippolyta
10. Tangkap Oxen of Geryon
11. Ambil Apel Emas yang dijaga naga Ladon
12. Membawa Cerberus ke Apollo

Akhir cerita, Hercules mati gara2 dijebak seorang Centaur bernama Nessus.

9. Sphinx


Ada dua versi, Sphinx dari mitologi Mesir dan Yunani. Tapi kita omongin yang Yunani dulu.
Sphinx adalah anak dari Echidna dan Thypoon. Monster singa berkepala manusia (dan bersayap elang) ini dikirim Hera buat kutukan di kota Thebes. Sphinx menjaga gerbang kota Thebes dan menanyakan teka-teki pada siapapun yang ingin masuk gerbang:
"Apa yg berjalan dgn 4 kaki di pagi hari, 2 kaki di siang hari, dan 3 kaki di senja hari?"
Tak ada yang bisa menjawab, dan akhirnya harus mati dimakan monster ini. Tapi akhirnya ada seorang pemuda bernama Oedipus yang bisa menjawab pertanyaan ini, sehingga Sphinx bunuh diri dengan terjun ke dalam jurang.

10. Oedipus


Anak Laius dan Jocasta.
Terkait dengan cerita Sphinx, Oedipus ini seorang anak yang diramalkan bakal membunuh ayahnya dan menikahi ibunya sendiri.
Istilah paramedis 'Oedipus Complex' terinspirasi dari legenda ini: sebutan untuk kelainan mental pada anak lelaki yang memiliki hasrat bawah sadar yang begitu besar terhadap cinta dari ibunya.

11. Siren


Bangsa Sea Nymph (Nymph == Peri?) yang merupakan anak dari Phorcys, salah satu dewa laut. Ada banyak versi wujud mereka: berbadan burung dan berkepala wanita, wanita berbadan ikan (mermaid), atau hanya wanita biasa namun berwajah amat cantik.
Mereka suka menyanyi di tengah laut, dan menyebabkan kapal para pelaut karam karena saking merdunya nyanyian itu. Tapi seorang pelaut bernama Odysseus bisa selamat dari nyanyian para Siren dengan menutup kuping kru2 kapalnya dengan lilin. Sementara dia sendiri mengikat tubuhnya di tiang kapal. Menurut cerita, salah satu argonauts (kelompok petualang pemberani) bernama Orpheus mampu bernyanyi jauh lebih bagus dari para Siren. Merasa malu, para Siren akhirnya terjun ke dalam laut dan tidak pernah muncul lagi.

12. Cyclops


Raksasa bermata satu. Muncul dalam petualangan Odysseus, Cyclops menyekap para argonauts (rombongannya si Odysseus) di dalam sebuah gua, dan memakan mereka satu-persatu tiap hari. Cyclops selalu menjaga dan tertidur di mulut gua, sehingga para Argonauts tidak pernah bisa kabur.
Cyclops juga memelihara domba-domba dalam gua itu, yang selalu dibiarkannya lepas keluar gua untuk mencari makan. Akhir cerita, Odysseus dkk berhasil keluar dengan cara menguliti domba-domba itu dan menggunakan kulitnya buat menyamar jadi domba-domba. Sebelumnya, Cyclops dibuat tertidur dulu dengan nyanyian Orpheus yang amat merdu..

21. Amphisbaena


digambarkan sebagai ular atau kadal berkepala dua. pemakan semut. jimat pelindung kehamilan.

22. Basilisk


raja ular. kadang disamakan juga dengan cockatrice, campuran ayam, ular, naga dan kodok. dari legenda yunani ada dua spesies basilisk. satu membakar apa saja di dekatnya. satu membunuh hanya dengan pandangan mata (yg di harry potter nih Grin)

23. Titan


dewa raksasa Yunani, kadang diasosiasikan sebagai perwujudan kekuatan alam. ada 12 titan. mereka adalah (per pasangan): Cronus dan Raea, Iapetus dan Themis, Oceanus dan Tethys, Hyperion dan Theia, Crius dan Mnemosyne, serta Coeus dan Phoebe. (deskripsi satu2? nggak ah... males Grin)

24. Griffin


makhluk legendaris dengan kepala, paruh, sayap dan kaki depan elang; badan singa; dan kadang-kadang digambarkan berekor ular atau kalajengking. di legenda Yunani mereka peliharaannya Zeus.

25. Hippocampus


monster lautan. mirip kuda dengan bagian tubuh belakang ikan atau lumba2. penarik kereta perang Poseidon.

26. Hippogriff


(ada di HarPot nih ) setengah kuda setengah griffin. bapaknya griffin, emaknya kuda. simbol cinta

27. Typhon


anaknya Gaia dengan Tartarus. monster terseram yg pernah ada. kepalanya ratusan dan digambarkan sampai menyentuh bintang2. racun menetes dari matanya. mulutnya menyemburkan lava dan batu2 membara. waktu mengangkat gunung Aetna dalam perang melawan dewa2 Olympus, Zeus menyerangnya dengan ratusan petir, sehingga ia kalah dan tertindih gunung tersebut.

28. Echidna

pasangannya Typhon. berkepala wanita cantik tapi bertubuh ular.

29. Hydra


anaknya Typhon dan Echidna. naga berkepala banyak. versinya ada yg bilang enam, sembilan, atau ratusan. kalo satu kepala dipotong, kepala barunya akan langsung tumbuh lagi. ada versi yg menyebutkan 1 kepala dipotong 2 kepala tumbuh. napasnya beracun. dikalahkan Hercules dengan cara membakar kepalanya.


30. Nemean Lion


saudaranya Hydra, anak Typhon dengan Echidna. singa berkepala perunggu yang kebal. dikalahkan Hercules juga, dengan tangan kosong . kulitnya dijadikan mantel Hercules.

0 komentar:

Posting Komentar